Sunday, March 1, 2009

Limar Kampung Nelayan

Setelah sukses pada di  Propinsi NTB dan Kalimantan Timur dengan Lampu Listrik Mandiri (LIMAR), kami mencoba untuk mengapresiasikan melalui masyarakat langsung di kampung Bojong karekes, lokasi tersebut berada di Desa babakan kecamatan Pangandaran, penduduk di sekitarnya di dominasi oleh nelayan, dan petani kelapa. 

Kondisi Perumahan Kampung Bojong Karekes 

Hal yang menarik pada lokasi tersebut adalah di lokasi tersebut terdapat titik kelompok rumah yang belum merasakan terangnya listrik, dan disekitar kampung tersebut rata-rata masyarakat sudah merasakan sistem elektrisasi, bahakan tidak jauh dari lokasi terdapat Gardu IndukPLN Kecamatan Pagandaran hal demikian disebabkan faktor ekonomi yang menyebabkanya tidak mampu untuk memasang listrik, dan saat ini mereka menggunakan lampu tempel minyak tanah, sangat dibayangkan bilamana subsidi minyak tanah dicabut apakah mereka mampu untuk membeli minyak tanah.



Jalan Masuk Ke Kampung Bojong Karekes

Pada kondisi sekarang menurut informasi masih ada beberapa titik titik kampung yang belum tersentuh oleh sistem elektrisasi karena kontur daerah-daerah tersebut cukup terjal dan di dominasi oleh perbukitan. sehingga investasi untuk membangun jaringan listrik cukup mahal. Padda kesempatan kami mengunjungi kampung babakan ada sekitar 40 KK yang belum memiliki penerangan listrik, juga fasilitas penerangan umum yang sangat minim.


Install LISTRIK MANDIRI RAKYAT  (LIMAR) 

Melihat kondisi tersebut kami bersama team, yang didampingi oleh para masyarakat, mencoba medemokan Lampu Listrik Mandiri Rakyat (LIMAR) pada salah satu rumah yang belum sama sekali merasakan elektrisasi penerangan, hasilnya cukup bagus tanggapan masyarakat setempat sangat mengharapkan sekali bisa segera merasakan terangnya listrik.
  
 
Box Terminal Dari Plastik

Salah satu yang harus diperhatikan untuk penggunaan material box terminal, dianjurkan menggunakan material plastik, jangan menggunakan logam, hal tersebut merupakan usulan dari responden, seperti yang kami coba install di salah satu rumah generasi LIMAR kami yang terdahulu, yang masih menggunakan material plastik.


Box Terminal Dari Logam

Dari hasil wawancara dan obesrvasi di lapangan, masyarakat yang sampai saat belum merasakan elektrisasi penerangan sangat mendambakan nikmatnya terang listrik, akan tetapi taraf dan kehidupan masyarakat cukup memprihatinkan, dan patut kita bantu, kami cukup terenyuh saat kami meninggalkan lokasi, ada ungkapan dari rumah pemilik yang kami dijadikan objek uji coba, sangat sekali sample kami bisa dipasang seterusnya, karena seumur hidup baru merasakan nikmatnya dan terangnya rumah.


LED LIMAR Terpasang 




No comments:

Post a Comment